Artificial Intelligence atau kerap disebut AI, mulai menguasai kehidupan manusia. AI pada saat ini telah meniru dan bahkan menggantikan sumber daya manusia yang ada, sehingga peran dan dampak AI semakin besar bagi kehidupan manusia.
AI adalah sebuah pengetahuan kognitif yang berhubungan dengan mesin cerdas yang mampu melakukan tugas apapun. AI dibuat untuk memudahkan manusia. Pada awalnya penggunaan AI hanya terbatas pada lingkup Automatic Speech Recognition (ASR) dimana manusia dapat memindahkan suara ke dalam teks secara langsung, sehingga AI tidak memiliki pengaruh yang cukup besar untuk manusia.
Seiring dengan berkembangnya zaman, AI mulai merambat ke berbagai bidang yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan manusia, seperti pada bidang komunikasi dimana manusia dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan AI, bidang ekonomi dimana transaksi dapat dilakukan secara online, bidang transportasi dimana terdapat fitur driverless car pada kendaraan, bidang bahasa dimana manusia dapat mempelajari bahasa asing melalui sebuah perangkat, serta bidang hiburan dimana terdapat media sosial yang menggunakan ilustrasi dengan AI , dll.
Selanjutnya, media sosial pun saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Beberapa platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Tiktok, dan Instagram telah menggunakan kecerdasan AI untuk meningkatkan layanan pelanggan, meningkatkan pengalaman pengguna, serta mempersonalisasi konten berdasarkan preferensi pengguna. Hal ini membuktikan bahwa AI memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam media sosial.
Platform media sosial yang dapat menganalisis data penggunanya merupakan bagian dari konten yang dipersonalisasi oleh AI. Begitu pula dengan fitur chatbots yang mempermudah manusia dalam menemukan informasi secara cepat dan tepat, filter konten yang dapat mengidentifikasi konten berdasarkan algoritma AI penggunanya atau penentuan sentimen data dari analisis data teks dalam jumlah besar, dan bahkan dapat mengidentifikasi influencer berdasarkan tingkat engagement, jumlah pengikut, dan lain sebagainya
Adapun beberapa manfaat AI bagi konten kreator antara lain, dapat mempercepat pembuatan konten, meningkatkan kualitas konten, meningkatkan produktivitas kreator, serta memperbanyak ide kreativitas para kreator. Maka, dari apa yang telah disebutkan di atas menunjukkan bahwa media sosial dan AI memiliki keterkaitan yang erat karena AI memberikan banyak pengaruh kepada media sosial dan media sosial akan selalu membutuhkan AI agar selalu memberikan bantuan kepada manusia.