SMART CITY DISKOMINFO PEMKAB SUKOHARJO

Sukoharjo Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik Dimensi Smart Branding dari Kemenkominfo

14 Desember 2021

Sukoharjo Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik Dimensi Smart Branding dari Kemenkominfo

SUKOHARJO – Kabupaten Sukoharjo meraih Penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik Dimensi Smart Branding Gerakan Menuju Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dari Dirjen Aptika Kemenkominfo, Samuel A Pangarepan, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Selasa (14/12/2021).

“Untuk mendorong penerapan dan pengembangan smart city melalui Gerakan Menuju Smart City, Kementerian Kominfo fokus pada enam pilar. Masing-masing smart governance, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people, dan smart environment,” terang Bupati.

Menurutnya, diperlukan strategi pengembangan kota yang akomodatif terhadap perkembangan zaman, dan pengembangan kota cerdas atau smart city. Pengembangan smart city di Indonesia pada tahun 2021 diperluas dengan menjangkau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Kabupaten Sukoharjo melakukan pendekatan integrasi kota cerdas ke dalam industri pariwisata melalui konsep smart city, branding yang memanfaatkan teknologi dan inovasi dalam mengoptimalisasi, mempromosikan kota termasuk lokasi-lokasi wisata.

“Untuk menuju smart city tentunya sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dan pengembangan akselerasi smart city yang lebih baik di Kabupaten Sukoharjo,” tambah Bupati.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sukoharjo, Suyamto, mengatakan bahwa Kabupaten Sukoharjo terus berkembang menuju ke arah smartcity sejak dicanangkan 2018 lalu hingga 2021. Terbukti, Kabupaten Sukoharjo menerima penghargaan sebagai salah satu Kabupaten/Kota terbaik pada Dimensi Smart Branding dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Sejak Tahun 2018, Sukoharjo merupakan salah satu dari 100 Kabupaten/Kota di Indonesia yang terpilih mengikuti Gerakan Menuju Smartcity,” katanya.

Suyamto juga mengatakan, Kabupaten Sukoharjo mempunyai aplikasi yang memberikan informasi tentang potensi wilayah yang ada di Kabupaten Sukoharjo beserta dengan didukungnya. Aplikasi tersebut bernama Jelajah Sukoharjo yang nantinya akan terus dikembangkan demi kemudahan wisatawan yang akan berkunjung di Kota Makmur ini.

“Aplikasi Jelajah Sukoharjo berbasis Android, “monggo” di install melalui Play Store. Selamat untuk Sukoharjo,” pungkas Suyamto. (*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Share :